Sunday, June 6, 2010

Strategi Mengantisipasi Heat Stress Pada Broiler

Strategi Mengantisipasi Heat Stress Pada Broiler
Heats stress diartikan sebagai respon fisiologis, biokimia dan tingkah laku terhadap faktor fisik, kimia dan biologis lingkungan. Ayam akan mengalami stress jika mengalami perubahan lingkungan yang ekstrim, seperti peningkatan temperatur lingkungan atau pada saat toleransi terhadap lingkungan menjadi rendah. Stress bisa menjadi status tetap atau merupakan tantangan proses adaptasi ternak. Stress merupakan ungkapan umum tentang penyesuaian fisiologis dan perilaku seperti perubahan denyut jantung, respirasi, temperatur dan tekanan darah yang terjadi jika ternak mengalami kondisi yang merupakan stressor baginya.
Stress yang terjadi pada unggas di daerah tropis salah satunya disebabkan oleh tingginya temperatur lingkungan dan berpengaruh negatif pada produksi unggas,. Kerugian yang cukup besar karena dapat menurunkan produktivitas akan tetapi menaikkan mortalitas. Kejadian Heat Stress pada broiler biasanya dimulai pada umur 3 minggu. Pada saat temperatur lingkungan tinggi broiler sangat sulit mengatur temperatur tubuhnya.
Mekanisme Faali Terhadap Heat Stress
Hormon tiroksin dari kelenjar thyroid merupakan hormone-hormon utama dalam metabolism dan mekanisme panas karena perannya dalam merangsang metabolisme tingkat sel di seluruh tubuh . Peningkatan konsentrasi hormon pertumbuhan(T3 dan T4) dalam darah akan meningkatkan pula metabolism didalam sel-sel tubuh dan merangsang penggunaan oksigen serta meningkatkan produksi panas. Hal ini disebabkan karena peningkatan penggunaan karbohidrat, peningkatan katabolisme protein yang ditandai dengan eksresi nitrogen dan peningkatan oksida ternak yang berlebih.
Apabila unggas berada pada lingkungan bersuhu tinggi, maka ternak akan mengalami heat stress karena mendapatkan panas dari luar dan tidak dapat meyalurkan panas tubuh yang berlebih karena lingkungan luar sangat panas. Heat Stress menyebabkan penghambatan keluarnya Tiroksin Releasing Hormone (TRH) dari hipotalamus, sehingga terhambat pula keluarnya Tiroksin Stimulating Hormon (TSH) dari anterior pituitary dan menyebabkan sekresi T3 dan T4, sehingga proses metabolism berjalan dengan taraf yang mencukupi.
Pada saat broiler mengalami stress panas dalam arti bahwa kehilangan panas diatas temperatur kritis tingkat pernafasan meningkat. Broiler yang kepanasan akan mengalami hyperthremia yang akan menyebabkan kasus panting (Terengah-engah). Intensitas respirasi akan meningkat hingga lebih dari 20 kali lipat. Hal ini akan mempengaruhi keseimbangan asam basa dalam darah. Alasannya sederhana, pada saat megap-megap, broiler akan banyak kehilangan CO2 dan derajat keasaman darah akan menjadi lebih basa. Kondisi ini akan menghambat proses penangkapan oksiden oleh sel darah merah ayam. Kedua, stress kepanasan akan mengganggu proses konversi vitamin D3 menjadi bentuk atktifnya. Padahal bentuk aktif dari vitamin D3 sangat diperlukan dalam proses regulasi kalsium. Ketiga, sintesa asam askorbat atau vitamin C yang ikut membantu dalam proses pembentukan tropocollagen, menurun.
Selama sengatan panas dan stress kepanasan, terjadi produksi radikal bebas yang berlebih. Radikal bebas ini akan merusak membran sel. Organ yang sangat penting dalam proses pembentukan daging, seperti hati ,akan mengalami gangguan dalam integritas membran selnya sehingga terjadi gangguan dalam pembentukan ATP dan metabolisme sel. Disfungsi hati akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah pada hati (Perdarahan pada hati).
Stress karena suhu yang panas dapat menyebabkan kondisi imunosupresi. Hal ini akan meningkatkan sensitifitas ayam broiler terhadap infeksi kuman lapangan. Di lain pihak musim kemarau atau pancaroba memungkinkan peningkatan jumlah partikel debu di lapangan, padahal debu dapat digunakan sebagai media penyebaran kuman, misalnya E. coli. Setiap gram debu mengandung lebih dari 105 (pangkat lima) partikel E.coli. Sehingga peluang kasus penyakit infeksi pernafasan akan menjadi semakin tinggi. Kuman E.coli seringkali bertindak sebagai penyebab infeksi sekunder kasus pernafasan kompleks. E. coli bersama dengan debu dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui paruh ayam yang terbuka saat panting karena heat stress.
Strategi Manajemen Mengatasi Heat Stress
Strategi manajemen nutrisi untuk mengatasi stress panas termasuk mengatur hal-hal tersebut dibawah ini :
1.Air minum
2.Kandungaan energi dan protein dalam pakan.
3.Kandungan vitamin dalam pakan dan air.
4. Perubahan dalam praktek pemberian pakan.
5. Waktu pemberian pakan
6. Feed additive
Air Minum
Lebih dari 70 % produksi panas selama heat stress berlangsung dikeluarkan melalui panting, dengan demikian ketersediaan air yang dingin selama musim panas akan sangat membantu. Penurunan temperatur air dan penambahan garam mampu meningkatkan konsumsi air minum untuk proses pengeluaran panas tubuh.
Energi Pakan
Faktor pembatas yang sangat penting mempengaruhi performans broiler pada temperatur yang tinggi adalah konsumsi energi dalam pakan. Ketika temperatur lingkungan meningkat diatas 21ºC, kebutuhan energi untuk maintenance menurun 30 kcal/hari. Walaupun kebutuhan energi maintenance rendah pada temperatur tinggi, banyak energi yang terbuang untuk menghilangkan panas. Formula pakan dengan tingkat kepadatan nutrient (density) tinggi agar dapat memenuhi kebutuhan harian untuk pertumbuhan pada saat terjadi penurunan konsumsi pakan.
Protein dan Asam Amino
Kebutuhan protein dan asam amino tergantung temperatur lingkungan, sekalipun kebutuhan protein terpenuhi, heat stress akan mempengaruhi performans ayam. Konsumsi protein diatas kebutuhan atau program pemberian pakan dengan asam amino tidak seimbang meningkatkan katabolisme dan mengakibatkan produksi panas ditandai dengan meningkatnya heat stress pada ayam terus menerus pada temperatur lingkungan yang tinggi. Pengurangan protein pakan dengan suplementasi yang cocok dari asam amino sintetis juga merupakan salah satu jalan mengurangi produksi panas. Dengan demikian disarankan mengurangi kandungan protein kasar dari pakan dan melakukan suplemen dengan asam amino sintetik untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan. Suplementasi Metionin hydroxyl analog lebih baik daripada DL-Metionin, dan sangat menguntungkan pada ayam yang mengalami stress panas karena dapat diserap secara langsung melalui difusi pasif, yang mana tidak memerlukan energy.
Vitamin-Vitamin
Penambahan vitamin C, vitamin A, vitamin E dan D3 diperbolehkan untuk memperbaiki performans ayam pada temperatur tinggi. Temperatur tinggi juga mempengaruhi metabolisme secara keseluruhan dan kerusakan oksidatif membrane sel sehingga membutuhkan nutrisi seperti vitamin C(sebagai antioksidan), untuk memperbaiki kondisi tubuh.
Dosis vitamin C sebesar 200 ppm/kg pakan mampu menghasilkan performans ayam yang lebih baik selama heat stress. Biotin juga dapat ditambahkan untuk mengurangi gangguan metabolik seperti fatty liver dan kidney sindrom selama musim panas. Vitamin E dengan dosis 250 mg/kg pakan pada kondisi heat stress dapat juga memberi keuntungan dalam mengurangi kerusakan oksidatif.
Elektrolit dan Buffer
Panting mengakibatkan peningkatan kehilangan CO2 secara berlebih sehingga pernafasan menjadi alkalosis. Perubahan keseimbangan elektrolit dapat mengurangi laju pertumbuhan broiler. Untuk melindungi hal ini diperlukan pemberian larutan elektrolit (anion dan kation) dalam formula pakan. Suplementasi sodium bicarbonate (NaHCO3) 0.5 % atau 0.3% sampai 1.0 % ammonium chloride (NH4Cl) dapat mengurangi dampak negative alkalosis yang disebabkan oleh heat stress.
Perubahan dalam praktek pemberian pakan
Performans ayam menurun pada kondisi temperatur sangat panas , disebabkan oleh konsumsi pakan menurun. Agar supaya konsumsi pakan dapat meningkat dapat dilakukan hal-hal seperti : peningkatan frekwensi pemberian pakan, pemberian pakan dalam bentuk pellet, penambahan lemak atau molasses untuk meningkatkan palatabilitas.
Waktu Pemberian Pakan
Pembentukan panas pada metabolism pakan terjadi 4 – 6 jam setelah pemberian pakan. Kematian dapat ditekan dengan cara pemberian pakan pada malam hari dan pembatasan pakan kira-kira 4-6 jam sebelum terjadi heat stress.
Suplementasi Probiotik
Diketahui bahwa heat stress berpengaruh terhadap pencernaan dan absorbsi nutrisi. Suplementasi lactobacillus dan streptococcus memberikan keuntungan pada ayam pada saat kondisi heat stress.
Bahan – Bahan Chemotherapeutic
Sejumlah senyawa mampu membantu dalam mengurangi stress yang berhubungan dengan hypothermia. Aureomycin mampu mengurangi pertumbuhan yang menurun karena stress, resinpine diketahui sebagai suatu alkaloid yang mampu melindungi ayam dari kehilangan CO2 akibat heat stress demikian pula thereby mampu mempertahankan keseimbangan asam-basa dalam darah selama heat stress terjadi.
Kesimpulan
Temperatur tinggi sebagai stressor pada broiler mampu menyebabkan gangguan produksi sehingga terjadi penurunan performans. Meminimalisasi pengaruh negatif dari panas melalui modifikasi pakan adalah hal yang ideal dan biaya yang lebih murah. Penggunaan vitamin-vitamin tertentu yang dapat menekan kematian ayam pada saat terjadi heat stress sangat dianjurkan.

7 comments:

  1. good artikel.,.
    datang balik ya.,,

    ReplyDelete
  2. mo nanya nih...apa soda kue bisa membantu untuk mencegah heat stress dan ngorok? trims..balas di usetam00@gmail.com.

    ReplyDelete
  3. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam terhadap pengaruh heat stress, AOS FARM telah mengeluarkan produk yang diberi nama AOS AMINO TERNAK. Produk ini mengandung asam amino lengkap, vitamin serta mineral yang sangat dibutuhkan oleh ternak. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan berkunjung ke www.aosfarm.blogspot.com.. Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Khusus heat stres saat ini Aos Farm telah menyediakan jamu ternak organik dan alami kasan vit, khusus untuk menurunkan suhu tubuh ayam. Selain itu kasan vit juga dapat mengatasi cekrek dan pullarum. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi aos farm : 0813 7591 1295

    ReplyDelete
  5. Mohon infonya, pembatasan pakan 4-6 jam, jadwal tepatnya jam berapa ya, siang atau malam

    ReplyDelete
  6. Produk terbaru dari aos farm untuk mengatasi heat stress, yaitu kasan vit. Kasan vit terbuat dr bahan bahan organik pilihan yang akan mengurangi dampak negatif dari heat stres pada ayam broiler. Untuk lebih jelasnya, silahkan berkunjung kè www.aosfarm.blogspot.com/kasan-vit

    ReplyDelete
  7. Produk terbaru dari aos farm untuk mengatasi heat stress, yaitu kasan vit. Kasan vit terbuat dr bahan bahan organik pilihan yang akan mengurangi dampak negatif dari heat stres pada ayam broiler. Untuk lebih jelasnya, silahkan berkunjung kè www.aosfarm.blogspot.com/kasan-vit

    ReplyDelete